Tips Bernegosiasi yang Efektif dalam Bisnis

Pada saat berbisnis, maka bukan hanya kepintaran kita dalam menjalankan roda bisnis semata yang harus senantiasa kita asah melainkan juga skill berbicara pada partner atau klien kita. Hal ini terkait dengan kemampuan bernegosiasi kita agar lebih mampu baik sehingga klien berbisnis kita menjadi lebih dalam bekerja sama dengan kita. Bagi anda yang menginginkan acara bernegosiasi kita menjadi lebih efektif, maka anda bisa menerapkan beragam Tips Bernegosiasi yang Efektif berikut ini agar lebih efektif :

Persiapkan diri dengan baik sebelum bernegosiasi

Pastikan Anda memahami tujuan Anda, serta harapan dan batasan dari pihak lain. Fokuslah pada solusi yang dapat diterima oleh kedua belah pihak dan coba untuk mencari win-win solution.

Tunjukkan bahwa anda adalah Orang yang Ramah

Tips Bernegosiasi yang Efektif, bisa anda lakukan dengan menunjukkan sikap ramah kita pada klien. Sikap yang ramah maka akan membuat lawan bicara kita, menunjukan sikap yang ramah pula. Sebaliknya, jika anda menunjukkan sikap yang kurang ramah, maka sudah bisa dipastikan lawan bicara anda tentunya akan menanggapi anda dengan sikap yang serupa. Sikap yang ramah, bisa kita tunjukkan dengan cara yang murah senyum serta cara bicara yang santun. Terutama bagi calon seorang rekan bisnis maka kesan pertama adalah segalanya sehingga anda harus meninggalkan kesan yang baik bagi klien anda.

Tunjukkan Keuntungan Berbisnis dengan Anda

Tips bernegosiasi yang selanjutnya adalah dengan cara menunjukkan keuntungan berbisnis dengan anda dibandingkan dengan orang lain. Dengan menunjukkan kelebihan- kelebihan yang anda miliki maka hal ini akan membantu anda dalam menarik perhatian klien atau rekan bisnis anda. Anda harus bisa menyakinkan klien bahwa jika berbisnis dengan anda akan mampu memberikan banyak keuntungan bagi kedua belah pihak. Tidak hanya sekedar meyakinkan, namun anda juga harus bisa membuktikan kebenaran dan kredibilitas anda agar sang klien bisa lebih mempercayakan kerja sama bisnis mereka dengan anda dalam jangka waktu yang panjang.

Pahami Karakter Lawan Bicara Kita

Memahami karakter lawan bicara kita menjadi salah satu Tips Bernegosiasi yang Efektif yang tentunya akan membantu kita dalam mendapatkan rekan kerja berbisnis kita. Untuk dapat memahami karakter lawan bicara kita, pertama-tama Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut :

  1. Perhatikan cara lawan bicara Anda berbicara dan bertindak. Apakah dia cenderung pendiam atau bicara terbuka? Apakah dia cenderung tertutup atau terbuka terhadap ide-ide baru? Hal ini dapat memberikan Anda gambaran tentang bagaimana dia berpikir dan bertindak.
  2. Perhatikan bagaimana lawan bicara Anda bereaksi terhadap ide-ide atau pendapat yang berbeda dengan miliknya. Apakah dia cenderung bersikap defensif atau terbuka terhadap ide-ide tersebut? Hal ini dapat memberikan Anda gambaran tentang seberapa fleksibel dia dalam berpikir.
  3. Perhatikan bagaimana lawan bicara Anda bereaksi terhadap tekanan atau situasi yang tidak nyaman. Apakah dia cenderung panik atau tetap tenang dan berpikir jernih? Hal ini dapat memberikan Anda gambaran tentang seberapa stabil emosinya.
  4. Perhatikan bagaimana lawan bicara Anda bersikap terhadap orang lain. Apakah dia cenderung bersikap sopan dan ramah, ataukah dia cenderung bersikap dingin dan kasar? Hal ini dapat memberikan Anda gambaran tentang seberapa empati dia terhadap orang lain.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, Anda dapat memahami karakter lawan bicara Anda dengan lebih baik dan menyesuaikan strategi bernegosiasi yang tepat.

Baca juga: Etika Dalam Berbisnis Ini yang Wajib Anda Miliki

Gunakan Komunikasi Yang Efektif

Dengarkan dengan seksama apa yang dikatakan oleh pihak lain, dan coba untuk memahami pandangan mereka. Jangan terlalu banyak menggunakan kalimat pertanyaan, tetapi lebih banyak memberikan pernyataan yang dapat membantu pihak lain untuk memahami posisi Anda.

Jangan Takut Untuk Mengambil Keputusan

Jika sudah mencapai kesepakatan yang sesuai, jangan ragu untuk segera mengambil keputusan tersebut. Namun, jangan lupa untuk terus memantau dan mengevaluasi kesepakatan yang telah dibuat, untuk memastikan bahwa kedua belah pihak tetap puas dengan hasil yang diperoleh.

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai Tips Bernegosiasi yang Efektif. Kemampuan bernegosiasi yang baik akan banyak menciptakan kesempatan dan keberuntungan dalam kehidupan dan bisnis Anda. Cobalah untuk menguasai keterampilan ini!

Credit: Image by rawpixel.com on Freepik

You May Also Like

About the Author: aldhy

Leave a Reply