Donat, salah satu jajanan yang ckup populer dan banyak disukai di Indonesia. Anda dapat menjumpai jajanan yang satu ini dengan mudah di berbagai tempat, bahkan di warung-warung sekalipun. Donat juga dapat dijadikan sebagai cemilan penunda lapar karena sifatnya yang mengenyangkan, atau bisa juga dinikmati sebagai menu camilan saat kumpul-kumpul bersama. Hampir semua kalangan menyukai kue yang tengahnya berlubang ini.
Mendapatkan donat tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Harganya yang relatif murah dan terjangkau membuat makanan ini menjadi salah satu makanan favorit. Banyak pengusaha memilih untuk mengembangkan bisnis donat, karenanya donat saat ini menjadi variatif dan mempunyai aneka rasa. Alih-alih mengunakan tepung sebagai bahan dasarnya , ada juga donat yang berasal dari bahan dasar ketela. Bisnis donat pun ada yang berkembang menjadi besar dengan gerai yang tersebar di mall kota-kota besar, yaitu dunkin donut dan J-co. hal ini mengindikasikan bahwanya jenis kuliner yang satu ini memiliki peluang untuk berkembang dan menjadi sangat menguntungkan. Selanjutnya kita akan coba membahas lebih jauh Analisa Peluang Usaha Rumahan Bisnis Donat, simak terus ya.
Bagi anda yang ingin memulai bisnis donat, ada ha-hal yang harus dipersiapkan sebelumnya. Diantaranya sebagai berikut :
- Tetapkan konsep bisnis donat yang akan dijalankan, apakah hanya memproduksi donat atau juga sekaligus sebagai penjual dan mendistribusikan ke warung dan toko-toko.
- Cari informasi tempat yang menjual bahan baku untuk membuat donat. Cari beberapa alternatif tempat untuk cadangan bila tempat langganan kita kehabisan stok bahan baku.
- Cari informasi mengenai cari pembuatan donat yang enak dengan rasa yang unik. Cobalah untuk membuat berbagai varian rasa donat. Perhatikan juga berapa lama donat kita bisa bertahan atau masa kadaluarsanya.
- Cari tahu bagaimana perijinan untuk mendirikan usaha makanan, termasuk dari badan BPOM dan juga dinkes.
- Rencanakan strategi pemasarannya.
Analisa Bauran Pemasaran (4p) Usaha Rumahan Bisnis Donat
Analisa bauran pemasaran atau yang biasa disebut dengan 4P akan kita gunakan untuk melihat gambaran umum bisnis donat ini. Mari kita bahas bersama-sama :
• Product (produk)
Produk dalam bisnis rumahan kali ini adalah kue donat. Kita bisa membuat kue donat kita lain daripada yang lain dengan membuat diferensiasi dari varian rasa atau bahan baku pembuatan. Apabila mampu, kita bisa mengkreasikan donat selain dari bahan tepung. Beberapa pengusaha bisa membuat donat dari bahan ketela. Hal ini bisa kita tiru dan kembangkan sendiri. Bisa juga kita membuat donat dengan bahan tepung seperti yang lainnya, tapi kita buat ciri khas tersendiri. Misalnya donat yang lebih empuk, atau lebih mengembang dengan variasi toping kacang mede, cokelat vanila, strowberry, campuran keju dan cokelat dan yang lainnya. Pintar-pintarlah dalam membuat ciri khas donat yang kita miliki agar bisa bersaing dengan makanan yang lain.
• Place (lokasi)
Kita bisa memakai rumah kita sendiri untuk dijadikan lokasi usaha bisnis donat kita. Apalagi kalau lokasi rumah kita dekat dengan area kampus atau kos-kos-an mahasiswa, hal itu akan lebih menguntungkan. Jadikan mahasiswa sebagai target market kita. Kita juga bisa memilih lokasi usaha yang dekat dengan perkantoran untuk area market kita. Tapi bila lokasi kita jauh dari area-area tersebut, paling tidak pilih lokasi yang tidak jauh dari perkotaan.
• Promotion (promosi)
Berbagai promosi bisa kita lakukan untuk menarik minat pembeli bisnis donat kita. Diantaranya sebagai berikut :
- Promosikan bisnis donat kita melalui media sosial dan website. Manfaatkan media sosial yang sedang ramai untuk mengenalkan produk donat kita. Informasikan semua hal yang berkaitan dengan bisnis donat kita mulai dari harga, bahan yang dipakai dan juga program-program penjualannya.
- Apabila target market yang dipilih adalah mahasiswa, gandeng juga mahasiswa untuk dijadikan rekan bisnis donat kita sebagai pengecer donat di kampus. Berikan reward atau keuntungan yang menarik apabila berhasil menjual donat kita.
- Lakukan juga promosi di koran atau majalah kampus. Kalau bisa buatlah majalah atau koran kampus tersebut mengulas bisnis donat kita.
- Buat desain kemasan yang menarik dan higienis.
- Pakai merek atau brand yang menarik sebagai identitas produk donat kita.
- Ikutilah event-event yang diadakan di daerah kita atau dikampus untuk mempromosikan bisnis donat yang kita miliki.
• Price (harga)
Salah satu cara menentukan harga produk donat kita adalah dengan melihat berapa biaya produksi yang dikeluarkan untuk membuat donat tersebut dan juga berapa laba yang ingin kita peroleh. Namun harus dilihat juga berapa harga donat yang ada di pasaran agar harga yang kita tetapkan tidak terlalu mahal. Apalagi bila target pasar kita adalah para mahasiswa, maka jangan terlalu mematok harga yang mahal.
Untuk analisa modal usaha rumahan bisnis donat, dengan asumsi harga donat Rp 1.500/donat maka akan diperoleh laba seperti berikut ini :
1. Modal awal
Peralatan
Renovasi tempat usaha 1.500.000
Peralatan masak 2.000.000
Sarana transportasi (DP motor) 1.000.000
Jumlah 4.500.000
Peralatan usaha rumahan bisnis donat akan mengalami penyusutan (depresiasi) selama 4 tahun dengan nilai residu (sisa) sebesar 1.000.000 dengan menggunakan penyusutan metode garis lurus. Jadi biaya penyusutan pertahun 4.500.000 – 1.00.000 dibagi dalam 4 tahun menjadi 875.000 / tahun atau sama dengan 72.916 / bulan.
Perlengkapan
Bahan baku awal 1.000.000
Promosi 100.000
Lain-lain 300.000
Jumlah 1.400.000
2. Perhitungan laba rugi perbulan
Pendapatan
Penjualan donat 1.500 x 150 buah x 30 hari6.750.000
Biaya-biaya
Biaya listrik 100.000
Biaya bahan bakar gas 150.000
Biaya HPP bahan baku 1.000.000
Biaya transportasi 300.000
Biaya kredit motor 500.000
Biaya gaji karyawan 2 orang 1.200.000
Biaya perlengkapan 400.000
Biaya penyusutan peralatan 72.916
Jumlah biaya 3.722.916
Laba bersih 3.027.084
Asumsi: perhitungan di atas diasumsikan menggunakan rumah sendiri untuk lokasi bisnis donat, sehingga tidak ada biaya sewa lokasi usaha. Jika sewaktu-waktu terjadi perubahan harga bahan baku atau yang lainnya, silahkan disesuaikan dengan kondisi yang terbaru. Harga produk donat juga disesuaikan kembali untuk pendapatkan laba yang diinginkan.
Analisis Swot Usaha Rumahan Bisnis Donat
Faktor Internal (Strenght & Weak) :
- Rasa donat yang enak dan bervariasi
- Donat yang higienis
- Usaha yang belum dikenal
- Donat tidak tahan lama
Faktor Eksternal (Opportunity & Threat) :
- Donat disukai oleh semua kalangan
- Kenaikan harga bahan baku
- Persaingan dengan jenis makanan yang lain
Strategi Bisnis Usaha Donat Rumahan
Merujuk pada analisa SWOT di atas, maka dapat dirumuskan beberapa strategi bisnis yang bisa kita terapkan untuk mengembangkan usaha rumahan bisnis donat ini. Diantaranya adalah sebagai berikut :
• Pastikan hasil donat produksi kita berkualitas dan juga higienis. Cari ijin dari dinkes dan BPOM untuk menambah keyakinan konsumen terhadap produk bisnis donat kita.
• Terus berkreasi untuk menciptakan berbagai varan rasa yang baru agar konsumen tidak bosan dengan varian rasa yang ada. Ganti varian rasa donat yang sekiranya tidak terlalu diminati dengan varian rasa donat yang baru tersebut.
• Saat melakukan penawaran ke warung-warung atau toko, buatlah sistem jual putus dan jangan membuat sistem konsinyasi. Karena kondisi donat yang tidak bisa tahan lama, sistem konsinyansi berpotensi merugikan kita. Demikian juga warung dan toko yang kita tawarkan pasti akan berpikir sama, karena itu buatlah penawaran harga yang menarik bagi para pemilik toko dan warung tersebut.
• Cari terus produsen bahan baku untuk pembuatan donat yang baik dan harganya murah. Hal ini bisa mengurangi biaya produksi bisnis donat kita. Peluang bisnis donat bisa menjadi bisnis yang menguntungkan dengan modal yang kecil. Berikan sentuhan kreatif pada hasil produksi kita agar memiliki ciri khas tersendiri dibanding dengan bisnis donat yang lain. Produk yang higienis menjadi hal yang wajib kita lakukan apabila kita bergerak dalam bisnis kuliner. Dengan kreatifitas dan semangat yang pantang menyerah, bukan tidak mungkin bisnis donat kita bisa berkembang sebesar dunkin donat dan J-Co. Demikian Analisa Peluang Usaha Rumahan Bisnis Donat dengan modal kecil, semoga bermanfaat bagi para pembaca. Salam sukses!