Etika Berjualan Online Agar Dipercaya Pelanggan

Etika Berjualan Online Agar Dipercaya Pelanggan

Bisnis jualan online di media internet tentunya memiliki beberapa perbedaan jika dibandingkan dengan menjalankan bisnis berjualan non online seperti biasa. Perbedaan yang paling mendasar ialah dalam berjualan online pembeli dan penjual tidak lagi dipertemukan secara tatap muka, melainkan hanya dengan mengandalkan komunikasi lewat pesan atau telepon saja.

Oleh karena itu calon pembeli tidak mengetahui secara jelas mereka bertransaksi dengan siapa, begitu pula sebaliknya. Jika tidak ada rasa kepercayaan dari pelanggan, mustahil transaksi pembelian akan terlaksana.

Terlebih lagi transaksi secara online kini marak di salah gunakan oleh penjual-penjual yang tidak bertanggung jawab, seperti dengan melakukan penipuan. Hal-hal yang demikian tentunya dapat membuat rasa percaya calon konsumen semakin sukar untuk didapatkan.

Maka dari itulah, jika anda adalah seorang pebisnis online harus mengetahui dan manjalankan beberapa Etika Berjualan Online berikut ini agar mudah mendapatkan kepercayaan dari calon pelanggan.

Buat Deskripsi Produk Dengan Jujur

Meski pelanggan tidak bisa untuk melihat terlebih dahulu terhadap produk yang kita jual, namun sangat penting untuk kita tetap selalu menjual produk yang sesuai dengan deskripsi serta foto yang kita tawarkan.

Pasalnya cepat atau lambat produk yang di beli akan diterima oleh pelanggan, jika tidak sesuai sudah pasti mereka akan kapok berbelanja dan bukan tidak mungkin mereka pun akan menyebarkan citra buruk tersebut ke calon pelanggan lainnya.

Selalu Sopan Kepada Setiap Pelanggan

Seperti proses transaksi jual beli pada umumnya, sifat pembeli sangat beragam dalam mengutarakan keinginannya. Ada yang ramah, namun tak jarang kita juga menemukan pembeli yang kurang sopan atau tidak sesuai dengan kehendak kita.

Apapun karakternya kita sebagai penjual yang menjaga etika harus selalu sopan kepada mereka, meski misalnya mereka hanya sering bertanya dan menawar harga tetapi tidak jadi membelinya.

Balas Pertanyaan Pelanggan Dengan jelas dan Cepat

Setiap pelanggan pastinya ingin mendapatkan layanan yang memuaskan, seperti dalam mengajukan pertanyaan tentunya mereka inginkan jawaban jelas serta respon yang cepat dari penjual.

Kabar buruknya dalam berjualan online jam operasional toko hampir tidak bisa menjadi patokan pembeli untuk bertanya. Terkadang pada waktu telah larut malam atau disaat kita sedang berkeperluan pun mereka bisa saja menghubungi kita untuk mengajukan berbagai pertanyaan.

Di moment seperti itu, sebagai penjual yang baik kita harus tetap berusaha memberikan pelayanan dengan merespon pertanyaan pelanggan dengan cepat.

Informasikan Proses Pengiriman dengan Cepat

Proses terahir dari transaksi jual beli secara online ialah mengirim barang ke alamat pembeli. Proses yang satu ini pastinya sangat dinantikan oleh pembeli. Apalagi mereka telah melakukan pembayaran, rasa khawatir barang tidak dikirim, barang tidak sesuai pesanan, sudah pasti mereka cemaskan.

Untuk menjadi penjual online yang beretika sebaiknya kita selalu memberikan informasi bahwa barang sedang dalam tahap pengiriman, meski pelanggan tidak memintanya.

Misalnya saja dengan memberikan foto barang pesanan sudah di packing lalu menginformasikan nomor resi dari kurir pengirim barang. Dengan begitu, pembeli bisa lebih tenang menunggu barang pesanannya datang.

Itulah beberapa Etika Berjualan Online yang perlu kita terapkan agar mendapatkan kepercayaan dari pelanggan. Sangat penting untuk mendapatkan kepercayaan lalu berusaha untuk menjaganya agar bisnis kita dapat selalu berjalan.

You May Also Like

About the Author: aldhy

Leave a Reply